Perasaan seperti 'terjatuh' disaat mau tidur

By Unknown

Perasaan seperti 'terjatuh' disaat mau tidur itu dinamakan dgn Hypnic Jerk 

 Pergerakan/kedutan tanpa sadar yang terjadi saat seseorang tidur atau menuju tidur, kadang menyebabkan orang tersebut bangun sesaat. Secara fisik, Hypnic Jerk ini mirip dengan lompatan seseorang saat dia terkejut, kadang juga ditemani oleh rasa seperti mau jatuh hal ini lebih sering terjadi pada orang yang siklus tidurnya tidak seperti biasanya.

 Lebih jelasnya coba liat meme-meme berikut :

ini kepeleset cerita nya...

 lah saya yakin 95/100 anda pernah ngalamin yang namanya hypnic jerk.

Proses

Nah menurut internet hal ini terjadi karena waktu mau tidur, ada titik dimana otot kita mulai men-shutdown sistem mereka. Lah karena mirip dengan keadaan otot saat 'jatuh' maka otak mengganggap kita jatuh dan akhirnya 'membenarkan' posisi kita

Penyebab
Menurut American Academy of Sleep Medicine penyebab umumnya adalah karena kecapean, kopi, stress, dan aktivitas berat di sore hari.

Siklus
Hypnic Jerk ini bisa jadi siklus loh ! Siklusnya terjadi karena :
Jika kamu kehilangan tidur karena sering hypnic jerk, kamu akan kecapaian dan kamu akan menjadi gelisah atau khawatir tidak bisa tidur. Makin sering kamu khawatir, kamu akan lebih sering hypnic jerk, dan semakin sering kamu hypnic jerk maka kamu akan lebih sering kehilangan tidurmu.

 

Tapi saya suka  sama hypnic jerk ini, rasanya keren gitu asik ngagetin. Ga ada dampak buruknya kok  kecuali  kena siklus nya.



 

0 comments so far.

Something to say?